Ketahuilah 5 Kampus Vokasi Negeri Terbaik dan Terfavorit Untuk SNBP 2024

Sekarang program sekolah vokasi sudah semakin banyak juga di minati oleh masyarakat di indonesia. STAI Nurul Hidayah Selain menawarkan waktu kuliah yang sangat singkat program vokasi ini juga membuka prospek kerja yang luas dengan jaminan fasilitas yang memumpuni sehingga biayanya lebih terjangkau di bandingkan program sarjana.

Kampus vokasi ini sudah di percaya mendapatkan dan menghasilkan tenaga lulusan yang pastinya berkualitas dan bisa menjawab kebutuhan industri. Seiringnya perkembangan zaman ini , pendidikan vokasi di indonesia sudah banyak mengalami perkembangan dari terlihatnya banyaknya sejumlah kampus negeri yang turut membuka program vokasi bagi siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang diploma.

Perbedaan Vokasi dan Sarjana Apa

Program vokasi dan sarjana jelas berbeda. Program vokasi memiliki durasi pendidikan yang lebih singkat.Jika program sarjana membutuhkan waktu minimal empat tahun, program vokasi dapat menghasilkan gelar diploma atau associate degree dalam waktu tiga tahun.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lulusan vokasi diharapkan dapat memenuhi kebutuhan industri yang terus berkembang.Lulusan vokasi biasanya lebih mudah dipekerjakan daripada lulusan program sarjana. Hal ini karena program vokasi memberikan lebih banyak pelatihan dan praktik daripada pendidikan teori.

Daftar Kampus Negeri Vokasi

Untuk kamu yang mempunyai niat lanjutin pendidikan ke sekolah vokasi , berikut ini adalah daftar kampus vokasi terfavorite di indonesia

Universitas Indonesia 

Universitas Indonesia menghasilkan Ahli Madya di tingkat Diploma 3 (D3) dan Sarjana Sains Terapan di tingkat Diploma 4 (D4).Program vokasi UI berfokus pada pengajaran keterampilan dan keahlian praktis.Kurikulumnya terdiri dari 30% teori dan 70% pelatihan praktis, yang dilakukan di laboratorium praktik dan tempat magang. Rata-rata lulusan sekolah vokasi UI terserap ke dunia kerja 0-3 bulan setelah kelulusan.

Universitas Diponegoro

Undip juga telah mendirikan program D3 dan D4, yang disebut sekolah vokasi, yang mengintegrasikan ijazah yang ada di tingkat sarjana di Undip.

Saat ini sudah ada empat jurusan di Sekolah Vokasi Undip, yaitu teknologi industri, teknik sipil dan perencanaan, ekonomi dan keuangan, serta budaya dan informasi.

Universitas Brawijaya 

UB merupakan salah satu kampus vokasi favorit bagi mahasiswa baru.UB biasanya berfokus pada bidang ekonomi, kreatif dan bisnis.Para mahasiswanya juga banyak yang menjadi pengusaha. Hal ini bahkan menjadi prioritas dalam pengembangan pendidikan vokasi. 

Kampus ini mengutamakan pendidikan karakter agar lulusannya inovatif, mudah beradaptasi dan mampu menghadapi segala permasalahan dan laju perubahan.

Institut Pertanian Bogor

 

Pendidikan vokasi di Institut Pertanian Bogor berfokus pada bidang komunikasi, pertanian dan bisnis. Vokasi IPB sudah dikenal  jaringan alumninya yang luas, yang tersebar di berbagai profesi di nusantara dan luar negeri.