Arti Kata Barakallah Serta Cara Menjawabnya, Semoga Mendapatkan Berkah Allah SWT

Arti dari kata “barakallah” adalah berkat, nikmat, dan keridhaan Allah. Kata ini merupakan bagian dari ucapan selamat yang ditujukan kepada orang lain. Berkah biasanya diberikan kepada mereka yang telah menerima nikmat dari Allah.

Ada manfaat dari mengucapkan kata barakallah sebagai ungkapan niat baik. Tell co id Penjelasan berikut ini diambil dari buku “Siapa yang lebih utama: wanita-wanita dunia atau bidadari surga” karya Muzayan Abdullah 

Arti Kata Barakallah

Kata Barakallah berasal dari kata baaraka yang berarti berkat, kemurahan hati atau kebaikan. Kata Allah berarti Allah SWT. Dengan demikian, arti kata baarakallah adalah semoga Allah SWT memberkati Anda atau semoga Allah SWT menyapa Anda.

Biasanya barakallah digunakan bersamaan dengan jazakallah atau jazakumullah khayran. Hal ini menunjukkan bahwa orang tersebut secara sadar memahami bahwa sesuatu itu adalah berkah dari Allah dan bukan dari dirinya sendiri.

Beberapa orang menambahkan fiqum pada kata barakallah sehingga menjadi barakallah fiqum. Ini berarti “semoga Allah memberkati Anda”.

Jawaban Untuk Ucapan Barakallah

Barakallah adalah ucapan yang berisi doa baik , maka dari itu harusnya dijawab dengan hal yang sama atau serupa. Berikut ini jawaban untuk ucapan barakallah yang sesuai dengan subjeknya : 

Wa fiikum barakallah.

Wa fiikum barakallah berarti: “Semoga Allah meridhoi Anda”. Jawaban ini dapat digunakan ketika berbentuk jamak, atau ketika merujuk kepada lebih dari satu orang, baik laki-laki maupun perempuan.

Wa fiihim barakallah.

Wa fiihim barakallah berarti “Semoga berkah Allah tercurah kepadamu”. Jawaban ini digunakan ketika ada lebih dari satu subjek atau lebih dari satu orang, baik laki-laki maupun perempuan.

Wa fiiki barakallah

Wa fiiki barakallah berarti “Semoga Allah meridhoi Anda.” Jawaban ini digunakan ketika subjeknya tunggal dan perempuan.

Wa fiika barakallah

Wa fiqa barakallah berarti Allah akan memberkati Anda. Jawaban ini digunakan ketika subjeknya tunggal dan maskulin.

Contoh Pengucapan Barakallah 

Barakallahu fiikum

Barakallahu fiikum adalah ungkapan rasa terima kasih atau penghargaan kepada orang lain. Ada beberapa bentuk yang berbeda dari kalimat ini seperti “Barakallahu fiikum, Barakallahu fiqh, Barakallahu fiqh”. Fiikum dalam kalimat ini berarti “pada Anda”.

Barakallahu fii umrik.

Barakallah fiy umrik mungkin terdengar tidak asing lagi bagi sebagian orang. Kalimat ini merupakan ucapan kepada seseorang yang sedang merayakan ulang tahun. Tujuan utama dari ucapan ini adalah untuk mendoakan yang terbaik di usianya agar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Keutamaan mengucapkan Barakallah

Sebagai ungkapan yang menandakan doa atau harapan baik untuk seseorang, kata “barakallah” memiliki keutamaan untuk diucapkan. Selain pujian, kata ‘balakala’ juga memiliki keutamaan sebagai berikut:

Saling mendoakan satu sama lain

Jika seseorang mengucapkan “Barakallah” dan orang lain menjawab “Wa fiika Barakallah”, maka dalam situasi ini terjadi proses saling mendoakan antara kedua orang tersebut. Diyakini bahwa Allah memberikan berkah yang sama kepada mereka yang saling mengucapkan ‘balakala’ dan membalasnya dengan salam.

Membawa Kebahagiaan.

Ketika seseorang memberikan sesuatu kepada orang lain dan pemberian itu dihargai olehnya, dia merasa sangat bahagia. Demikian pula, salam “barakara” membuat orang yang mengucapkannya merasa bahagia ketika ia menerima berkat yang sama sebagai balasannya.

Meningkatkan rasa syukur atas nikmat Allah

Ketika seseorang mensyukuri pemberian orang lain, rasa syukur ini juga membuat si pemberi menjadi sadar. Nikmat Allah memang banyak, dan bahkan seorang Muslim pun dapat menerima berkah dari nikmat yang diberikan kepada orang lain.

 

Singkatnya, arti kata ‘barakallah’ adalah doa yang diucapkan oleh seseorang kepada orang lain untuk tujuan yang sangat baik. Oleh karena itu, sangat tepat jika kita membalas ucapan tersebut dengan doa yang baik yang akan membawa keberkahan yang sama.